Surat pembaca : Beli New Mega Pro Bekas tapi ragu

Diposting pada

i0fjdmjbf0

Jumpa lagi pembaca otobalancing dimanapun anda berada, hehehe…di artikel kali ini OB akan menjawab request dari salah satu pembaca dimana pembaca yang disinyalir bernama “MUKIDI”, soale di sms balik gak bales-bales masbro jadi wes tak namai kuwi ae ya, yang menanyakan tentang Honda New Megapro, jadi ceritanya bro satu ini bakalan membeli New Mega pro bekas gak tahu tahun berapa namun masih ragu masbro, karena dari omongan rekannya di pesan singkat New MegaPro banyak troublenya, nah…iya gak sih?

wp-1480336131924.jpeg

OB sendiri merupakan pengguna motor turunan dari New megaPro juga lo yaitu Honda Verza, namun gak pernah mengalami trouble yang berarti, bahkan di kerjaan OB yang langganan banjir yang tingginya gae ngelus dodo masbro, ya menter alias tahan banting, maksute Verzane gak dibanting….pokoke melibas banjir dengan tinggi sampai se tangki sek menter lah, la terus katanya gampang trouble itu seng kayak gimana ya masbro?

Sayang OB sms untuk menanyakan NMP apa yang dibeli gak dibalas-balas, maunya OB tanya mau beli yang masih Karbu atau yang sudah Injeksi, soale NMP kan ada dua versi masbro.

Tapi dari pesan singkat tersebut membuat OB berkeinginan untuk bertanya kepada rekan-rekan OB pengguna NMP, baik yang org biasa maupun anak biker klub NMP, dan memang ada beberapa hal yang menyebutkan kalo NMP tipe karbulator lah yang sering trouble…wah kok isok cak yo.

Adapun trouble yang OB rangkum adalah :

  1. Sehabis digeber gas mentok poll.. dilampu merah mati dan dan susah hidup seperti gejala mbrebet.
  2. Pagi saat start harus pakai choke seperti gejala kehabisan bensin/telat bensin
  3. Mesin tersengal-sengal saat dari RPM tinggi dipakai langsam…

Dan ternyata setelah bertanya-tanya adapun kesimpulan yang OB dapat memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

  1. Waktu mesin habis digeber kencang dan mati diperkirakan ada yang tidak beres dengan ruang bakar,entah terjadi kerak atau penumpukan kotoran disana dan “komplikasi” dengan bagian lainnya…karburator , filter dan tangki yang ada airnya…
  2. Kondisi Piston vakum yang sudah tergores disinyalir penyebab aliran bensin tidak lancar/normal… dan karakter sistim vacumm tidak mau disentak…
  3. Ada baut vakum cup yang hilang dan ini penyebab hisapan jadi “ngowos”…
  4. Penggantian busi yang tidak sesuai…type busi panas.
  5. Cara bawa yang kasar…penyebab cepat ausnya vakum piston..
  6. Jarak tempuh yang lumayan tinggi…
  7. Kotornya dan buruknya kualitas BBM membuat karburator cepar kotor,area piston vacum ini cepat kotor pula,dan aus…
  8. Filter udara harus bersih apalagi untuk motor yang dipakai untuk medan berdebu..atau intensitas yang tinggi…

Rangkuman point-point diatas OB dapat dari berbagai sumber baik dari FB, WA, Kaskus, Blog wes pokoke kabeh lah, yang intinya ada di beberapa point di atas.

Semoga informasi ini bisa berguna bagi masbro sekalian, dan sebagai penutup artikel dan ini opini OB sendiri selama mengendarai motor Honda Verza yang juga merupakan turunan mesin dari NMP yang dirubah menjadi injeksi ya kalo saat berkendara kudu mengenal lah kemampuan motor sendiri, apalagi NMP dan Verza bukan motor yang bisa dibilang sangat responsif untuk buat geber-geberan kalo mau awet mesinnya, dan untuk modif kalo body gak masalah, baru lek nek mesin kudu di hitung bener-bener masbro.

Okey, cekap semanten artikel ini ya masbro, semoga berguna dan bermanfaat, mohon maaf kalo ada salah kata monggo di japri mawon.

Gambar Gravatar
Terima kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya sangat kami harapkan dan apabila ada kekeliruan sebelumnya saya meminta maaf.

2 thoughts on “Surat pembaca : Beli New Mega Pro Bekas tapi ragu

  1. Adapun trouble yang OB rangkum adalah :

    Sehabis digeber gas mentok poll.. dilampu merah mati dan dan susah hidup seperti gejala mbrebet.
    Pagi saat start harus pakai choke seperti gejala kehabisan bensin/telat bensin
    Mesin tersengal-sengal saat dari RPM tinggi dipakai langsam…
    >>>>>>>>>>>>>>>
    Mudah mudahan bisa membantu
    Coba seting lagi karburatornya….setel putaran angin 1.5-2.5 kira kira (360+180 derajat – 360+360+180 derjat putanran obeng) kmudian baru setel langsamnya..trus pakai busi NGK CPR9EA standar NMP….
    ane pernah ngalami yg begini…karna dari bengkel resmi tu putaran setelan angin (360+360+360+180 derajat)

Monggo Komentarnya Kangbro :