suzuki gsx-r150

Meredam kebisingan kabin mobil, kenali sumbernya dahulu

0
11

image

Kenyamanan berkendara tidak hanya ditentukan dari faktor mekanikal seperti suspensi, ban & velk, mesin, faktor non mekanikal juga banyak dibutuhkan, hal ini OB dapat setelah bertanya kepada 10 orang rekan kerja yang kesemuanya mempunyai mobil dengan beragam merek, rata2 mereka menyebutkan bahwa kabin yang senyap juga merupakan salah satu faktor bahwa mobil tersebut nyaman dikendarai.

Rata-rata mobil yang berharga 200juta lebih memang telah mempunyai peredaman kabin yang sangat baik, namun bagaimana dengan mobil kenis LCGC? Apakah juga mempunyai peredaman yang juga baik?

Dengan harga 100juta-an para produsen tidak menyematkan banyak fitur untuk tetap menekan biaya produksi, hal ini sangat dimaklumi bila melihat model mobil LCGC dari berbagai merek yang masih menganut interior minimalis. Misalnya, kabin yang kurang senyap, sistem audio sangat standar, bahan material interior, atau fitur-fitur lain yang biasa ditemui pada mobil standar.

Jika anda mempunyai uang lebih dan ingin kenyamanan saat di dalam kabin bisa memasang piranti senyap mobil sendiri di bengkel2 modifikasi atau aksesoris bahkan di bengkel resmi, namun sebelum anda memasang sebaiknya anda kenali dahulu sumber kebisingannya darimana, bagaimana caranya?

Wito pemilik mobil Agya yang juga rekan OB di kantor menuruturkan bahwa “Sebenarnya tak perlu melapisi seluruh mobil dengan peredam. Sesuaikan dengan kebutuhan dan cukup menutup sumber kebisingan”.

“Misal, jika suara sepeda motor terdengar lebih keras, peredam cukup dipasang di dinding pintu bagian dalam. Kalau suara berisik tersebut datang dari mesin, memasang peredam di dinding pembatas ruang mesin dan kabin (firewall). Kalau suara berasal dari gesekan ban dan knalpot, berarti berasal dari lantai”.

Bahan yang digunakan ada dua macam, yaitu dari aspal atau sejenis dodol (rubber jelly). Bedanya, aspal lebih kaku dan memerlukan pemanas dan lem untuk menempelkannya. Sedangkan jenis dodol lebih fleksibel, tak perlu perekat.

Nah OB kemudian berselancar di OLX dimana ingin menemukan jasa peredam mobil di kota surabaya, cekidot :

image

image

Baca artikel terkait :

Data AISI :

Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here