suzuki gsx-r150

Review All New CBR 150R by Otobalancing

1
9

Hallo pembaca, kali ini OB akan mereview lebih dekat sebuah motor sport terbaru dari Honda yang sebenarnya telah dilouncing secara nasional pada 14 Februari 2016 lalu, namun baru saat ini OB dapat melihat dan menjajal langsung All New CBR 150R saat louncing resmi di Surabaya.

image

Honda All New CBR 150R ini merupakan seri CBR generasi ke 4 dari seri CBR 150 yang beredar di Indonesia, harganya memang lebih tinggi dari seri sebelumnya kecuali versi CBU namun harga itu tidak akan menjadi mahal saat anda melihat berbagai teknologi yang terbenam di motor ini.

Mungkin banyak orang bilang ah ini new CB150R difairing namun menurut OB ini berbeda, mengapa? Karena secara desain, motor ini tak hanya mempercantik dirinya sendiri namun banyak spesifikasi teknis yang ada di motor ini yang berbeda dengan New CB150R, mulai dari gaya berkendara kita, handling, semua itu jauh berbeda dengan New CB150R.

image

Nah kita sekarang membicarakan spesifikasi teknis yang membuat berbeda dalam hal gaya berkendara, secara kasat mata panjang kedua motor ini tampak sama tapi sebenarnya nggak, CBR lebih pendek dari CB dimana CBR mempunyai dimensi 1.983 x 694 x 1.038mm bandingkan dengan CB yang mempunyai dimensi 2.019 x 719 x 1.039mm, tapi CBR mempunyai jarak sumbu roda lebih panjang yakni 1.311mm dibanding CB yang hanya 1.293mm, sehingga membuat CBR tampak lebih ramping dan lebih enak diajak bermanuver, persis seperti taglinenya yaitu OWN THE RIDE yang berarti kendali penuh ada pada ridernya bukan rider yang mengikuti motornya, didukung dengan suspensi prolink membuat bobot depan dan belakang seimbang, jadi kalo motor ini dibelah maka bobot depan akan sama.

image

Dan motor ini mempunyai posisi stang yang jauh berbeda dengan CB, yaitu lebih rendah sejajar dengan tangki dan jok dan tekukan setangnya membuat enak untuk high speed, kemarin OB sempat mencoba meski hanya jarak pendek saja, riding dan abilitynya nyaman saat dipakai harian, body controlnya mudah dilakukan karena lekuk tangki yang lebih ramping enak banget kalo dijepit sama paha dan posisi tangan lebih masuk ke dalam.

image

image

Lalu footpad dengan desain baru namun sama dengan CB tapi bedanya dengan posisi stang yang berbeda dengan CB membuat body lebih nunduk, tapi masih enak kalo buat harian.

image

Motor ini juga mempunyai desain jok yang terpisah, pas OB lihat gak ada griptailnya jadi gak bisa pegangan dibelakang, beda dengan CB yang mempunyai griptail, jadi kalo kalian boncengan pegangan satu-satunya ya si ridernya, jadi kalo kalian yang punya padangan enak aja kalo buat boncengan tapi kalo si ridernya jomblo hati-hati bisa modus nih hahaha…

image

Dan kalo seat belakang dibuka memang gak punya space begitu luas cuman bisa naruh toolkit aja, bannya masih tetap sama dengan CB yakni belakang 130/70 R17 sedangkan depan 100/80 R17 yang dibalut dengan ban standart yakni IRC Road Winner, gripnya lumayan lah masih terasa mantap dan stabil di kecepatan tinggi, namun kalo mau lebih kalian bisa upgrade dengan ban aftermarket yang lebih ok.

image

image

Bagian knalpot juga sama seperti CB, mempunyai desain yang rapi dan oke banget, model slip on jadi kalo mau dimodif pun lebih oke, apalagi cover silencernya sporty banget.

image

Dan bagian dari motor ini yang sangat-sangat baik yaitu di bagian fairingnya yabg didesain sangat rapi dan detail, pembaca bisa melihat di foto bahwa Honda membuat fairing motor ini dengan kesan agresif dan menghadirkan kesan sport saat pertama kali dilihat, cuman sayangnya radiatornya terlihat terbuka, saran OB sih pas pertama beli langsung beli pelindungnya.

image

image

Satu hal yang agak menggangu OB saat melihat motor ini nih, yaitu peletakan lampu sein depan yang diletakkan di fairing depan.

image

Meski ramping dan terlihat kecil OB agak kwatir kalo saat parkir atau gak sengaja kesenggol akhirnya patah, tapi memang ini adalah regulasi pemerintah dan kalian bisa modif sendiri dengan sein yang bentuk tempel.

image

image

Motor ini punya desain lampu dual eyes namun berbeda dengan CBR series sebelumnya di seri ini lampu depan, belakang dan seinnya menggunakan LED alhasil daya listriknya lebih hemat, namun dengan lampu ini kalian harus waspada saat hujan dan kabut karena sinar LED yang berwarna putih agak susah menembus, meskipun begitu dengan penghematan di sektor lampu ini membuat beban magnet lebih ringan sehingga efeknya, performa meningkat dan lebih irit.

image

image

Salah satu cirikhas motor sport kebanyakan yaitu adanya visor pada fairing depan, di motor ini visornya lebih rendah namun lebih tajam dari versi CBR sebelumnya, hal ini membuat aerodinamika motor lebih kecil hambatannya, apalagi saat high speed dagu kalian diletakkan di tangki jadi aliran udaranya terpecah ke belakang.

image

Sedangkan dibagian belakangnya, motor ini sudah menganut stoplamp LED yang desain belakangnya menyatu dengan buntutnya, untuk plat nomor, sein semua ada di buntutnya ini cakep banget ya, secara desain bagus, cuman kalo hujan lebih nyiprat dari pada slebor belakang CB.

image

Untuk bagian tangki kurang lebih sama dengan dengan CB namun disesuaikan mengikuti body fauringnya, tutup tangki model rata dan berengsel kapasitasnya 12 liter, bedanya dengan CB yaitu di penempatan kunci kontak dimana CB menjadi satu dengan tangki sedangkan CBR jadi satu dengan stang.

image

Tampilan speedometer lebih fress dengan desain baru, ukurannya sangat kompak dan lengkap, ada takometer, spidometer, odometer, trip A dan B, fuelmeter, jam, gear position, fuel comsumption rata-rata A dan B serta real saat berjalan, dan kalo dimatikan ada tulisan See You, bukan Sampai Jumpa Lagi karena bakal kepanjangan keburu si rider dah turun duluan, hehehe.

image

Sampai disini dulu review dari OB, di next artikel OB akan mengulas tuntas tentang Test Ride motor ini, so…pantau terus blog ini guys.

Iklan

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here