Sudah luruskah rantai anda?

1
6

Kalo bicara tentang setel rantai pasti sebagian besar pembaca OB pasti paham tentang pentingnya menyetel ketengangan rantai, tapi apakah pembaca sudah yakin rantai yang disetel itu lurus?

image

Nah bersama bro Yudi seorang mekanik dekat rumah OB berbincang tentang hal ini, dan menurut bro Yudi kelurusan rantai juga harus diperhatikan kalo gak ingin fatal akibatnya.

“Sebenarnya lebih rawan dan fatal itu adalah kelurusan rantai, dan hal ini sering diabaikan, karena biasanya yg lebih diperhatikan renggang atau gak rantai” ujar bro Yudi.

Berikut OB rangkum hasil diskusi dengan beliau siang tadi.

Pengertian center itu yaitu rantai harus dipasang segaris lurus antara gir depan dan belakang, disebut rawan karena nggak center karena efeknya ke handling motor alias mengganggu ke pengendalian dan akibatnya sebanding dengan semakin besarnya kecepatan motor.

image

Oleh karena itu pabrikan motor memberikan standart kelurusan berupa indikator setelan di kanan kiri pada arm tepatnya di daerah as roda.

Nah pembaca sudah mengerti kan bagaimana pentingnya menjaga kelurusan rantai, lalu bagaimana akibat dan cara penanggulangannya, lanjut simak ya.

Ketika kurang sedikit gak center terutama pada rantai yg panjang maka beban atau simpangan rantai akan lebih besar, beban tersebut akan membuat rantai jadi cepat aus, untuk mengetahuinya rantai tanpak melengkung ke samping kiri dan kanan, dalam kondisi ini beban mata rantai dan pinnya menjadi tidak normal, lebih ke salah satu sisi dan kalo pas kering maka suaranya akan ketara sekali.

Akibat lain dari rantai kurang center yaitu rem terasa ngebuang saat rem ditekan dengan keras, hal ini dikarenakan bodi atau roda belakang cenderung berlari ke samping kiri atau kanan, namun jika tidak jeli pasti mengiranya ada masalah dengan rangka atau body yg gak center.

Untuk mengatasinya sebenarnya sudah ada petunjuknya dari pabrik karena ada indikator yang dibuat patokan, namun tidak selamanya indikator ini menjadi acuan…loh, ya kalo pas kondisi laher roda, as roda, tromolnya, dan sisi armnya sudah aus.

Semoga info ini bermanfaat bagi pembaca.

Baca artikel lainnya :

Kontak admin :
WA : 081554492800
BBM : 5C7CCDAB
Email : givisurabaya@gmail.com

Iklan
BAGIKAN
Matur Nuwu Masbro Sudah Mengunjungi Warung Ini Great Thanks...

1 KOMENTAR

Silahkan Berkomentar Disini :